Mencegah Korsleting Listrik Penyebab Kebakaran Property Anda

Korsleting listrik merupakan penyebab kebakaran yang sering terjadi akhir-akhir ini pada property. Kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran tersebut sangat merugikan, baik harta sampai dengan nyawa. Perilaku awas listrik yang kurang dipahami oleh masyarakat menimbulkan perlakuan yang sepele atas instalasi jaringan listrik pada kediaman anda. Berikut adalah hal-hal yang dapat menimbulkan korsleting pada listrik rumah :

1. Buruknya jaringan instalasi listrik pada rumah anda
Problem ini sering didapati pada rumah-2 yang jaringan instalasi listriknya tidak sesuai dengan standard keamanan jaringan listrik. Pemakaian kabel instalasi yang tidak sesuai dengan kapasitasnya, sambungan instalasi yang kurang memperhatikan sisi keamanan, tidak menggunakan instalasi grounding pada sistim kelistrikan sampai pada keluaran/outlet jaringan yang tidak standard. Semuanya itu dapat menyebabkan kerawanan korsleting kelistrikan.


Dari Audit Elektrikal


2. Beban listrik yang berlebihan pada satu tempat.
Beban atau konsumsi listrik yang tidak seimbang pada suatu outlet juga dapat menimbulkan korsleting jaringan kelistrikan. Pemakaian konsumsi listrik yang berlebihan pada satu tempat akan membuat panas jaringan kabel yang menuju ke pemakaian tersebut yang bila jaringan tersebut menggunakan kabel yang tidak sesuai dengan kapasitasnya, maka panas yang ditimbulkan akan membuat kabel menjadi korslet dan memicu kebakaran.


Dari Audit Elektrikal
3. Kurang bekerjanya proteksi keamanan korsleting pada rangkaian instalasi kelistrikan.
Perlengkapan proteksi keamanan jaringan listrik yang tidak sesuai dapat menimbulkan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran pada instalasi listrik tersebut. Proteksi yang diperlukan untuk jaringan listrik bukan hanya sekedar proteksi beban lebih saja melainkan juga proteksi gangguan lain seperti proteksi grounding dan arus balik.
Pemeliharaan atas jaringan listrik perlu dilakukan agar didapat perlindungan yang terencana pada penggunaan jaringan listrik tersebut.
Audit Elektrikal merupakan tindakan pencegahan kerusakan jaringan kelistrikan dengan menginspeksi jaringan kelistrikan secara konprehensif sehingga didapat situasi jaringan kelistrikan rumah itu pada saat yang tepat. Apabila diketemukan instalasi yang tidak sesuai, terutama adalah yang dapat membahayakan dan menyebabkan krsleting maupun membayakan keselamatan penghuni, maka akan dapat direvisi agar kelistrikan tersebut aman dan nyaman bagi penghuninya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Servis Instalasi Listrik

Maintenance Elektrikal dan Mekanikal